21 September, 2006

Salah Siapa?

Assalamualaikum,....
Belum lama ini saya pernah tulis cerita tentang sampah di Bantar Gebang. Waktu itu saya melihat bahwa segala sesuatu bisa menjadi manfaat atau sebaliknya menjadi bencana. Sampah bisa menimbulkan penyakit dll, tapi juga bisa menjadi sumber nafkah bagi sekelompok orang lainnya.
Tapi,.... Allahuakbar,.... berita terakhir yang saya terima, terjadi bencana di sana. Tumpukan sampah yang sudah menggunung itu runtuh dan menimpa orang-orang disekelilingnya, juga merusak properti lainnya.
Kalo sudah kejadiannya begini, semua pihak saling menyalahkan. Pemda Bekasi menyalahkan Perusahaan pengelola sampah, .... Perusahaan pengelola sampah menyalahkan infra struktur dan fasilitas yang ada,... dst...dst...
Disaat itu berjalan normal,.. semua pihak mau unjuk gigi bahwa dialah yang membuat semua itu berjalan normal. Yah... mungkin baru segitu aja mental orang Indonesia. Jadi salah siapa ini....?
Salah Pemerintahkah?.... Perusahaan pengelola sampahkah...? atau orang-orang sekitar lokasi yang memanfaatkan sampah itu yang kurang memperhatikan keamanan,..atau kesehatannya sendiri?
Salah Siapa ini..........

2 comments:

Herli Salim said...

Tanyakanlah pada rumput yang bergoyang..." la...la...la..."
(Ebiet G Ade)

iwan said...

Bisa aje,... Inul yang bergoyang mah. Mang Kok belum update lagi sih, kangen nih sama tulisannya.